Poltekkes Kemenkes Semarang Menuju 100 % Prodi Terakreditasi Unggul

WISUDA KE 116 DAN 117 POLTEKKES KEMENKES SEMARANG BERLANGSUNG TERTIB DAN KHIDMAT

Wisuda merupakan moment penting yang ditunggu oleh mahasiswa. Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang yang memiliki delapan (8) jurusan, delapan belas (18) Program Studi Diploma III, 9 (sembilan) Program Studi Sarjana Terapan Kesehatan, 3 (tiga) Program Profesi serta 4 (empat) Program Studi Magister Terapan Kesehatan, dengan jumlah dosen 364 dosen dan jumlah mahasiswa 10.666 mahasiswa, saat ini akan menambah jumlah alumni dengan dilaksanakannya wisuda ke 116 – 120 bertempat di Masjid Agung Jawa Tengah. Prosesi berlangung selama 3 hari mulai hari Selasa sampai Kamis, 01 – 03 Oktober 2024. 

Mekanisme evaluasi pendidikan pada akhir program dilaksanakan oleh masing-masing Program Studi dengan kegiatan Ujian Pencapaian Kompetensi melalui Ujian Tahap dan Ujian Kompetensi di akhir program baik yang diselenggarakan secara Nasional ataupun Regional. Selain itu evaluasi pendidikan di akhir program dilakukan dengan Ujian Karya Tulis Ilmiah untuk Program Studi Diploma III dan Skripsi untuk Program Studi Sarjana Terapan Kesehatan dan Ujian Tesis untuk Program Magister Terapan.

Hingga tahun 2024 ini, seluruh program studi baik Diploma Tiga, Sarjana Terapan Kesehatan, Profesi dan Magister Terapan Kesehatan telah terakreditasi LAM-PT Kes dan BAN PT. Capaian akreditasi unggul sebanyak 28 Program Studi dari total 34 Program Studi (82,4%). Poltekkes Kemenkes Semarang berhasil mendapatkan akreditasi A untuk Unit Peningkatan Kompetensi SDM Kesehatan dengan nilai 91, 93.

Dalam bidang pendidikan Poltekkes Kemenkes Semarang telah kontribusi dalam kesuksesan berbagai program antara lain:

1. Politeknik Kesehatan terbaik versi Webometrics

2. Poltekkes terbaik dengan kinerja BLU terbaik

3. Publikasi Jurnal SINTA terbanyak di Lingkup Poltekkes Kemenkes

4. Penghargaan Mitra Rutin Donor Darah oleh RSUP Dr. Kariadi

5. Juara II Lomba Inovasi Perpustakaan Nasional

6. Juara I Dosen Berprestasi Poltekkes Kemenkes 2024 atas nama Rodhi Hartono S.Kp., Ns.M.Kes

7. Juara I ASN Terbaik Kategori Dosen Terbaik oleh MenPAN RB atas nama Dr. Krisdiana Wijayanti, Bdn., M.Mid

Sampai saat ini, lulusan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang berjumlah 43.681 Ahli Madya Kesehatan, Sarjana Terapan Kesehatan, Profesi dan Magister Terapan Kesehatan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan di luar negeri (Arab, Jepang, Belanda, Amerika Serikat dan Jerman) baik bekerja di fasyankes pemerintah maupun non pemerintah.   Hadir sebagai tamu undangan pada wisuda ke 116 dan 117 adalah Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan, Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes dan sejumlah undangan dari mitra seperti RSUP dr. Kariadi, RSUP Soeradji Tirtonego, Dinas Kesehatan Propinsi dan Kota, Para Ketua Organisasi Profesi, Rekanan dari bank dan juga Dharma Wanita dan pejabat internal. Dalam wawancara seusai kegiatan wisuda, Oos Fatimah menyatakan sangat apresiasi dan bangga atas kerjakeras direktur Poltekkes Semarang beserta seluruh dosen dan tenaga kependidikan yang telah mampu mengantarkan mahasiswanya menjadi tenaga kesehatan yang kompeten dan siap memasuki dunia kerja dengan mengisi kekosongan-kekonsongan disemua sector baik negeri maupun swasta.

Berita Terbaru

Scroll to Top
× Bantuan
Skip to content