Poltekkes Kemenkes Semarang Menuju 100 % Prodi Terakreditasi Unggul

Rizki Bagus Satrio Sebagai Sitong Fotogenik Duta Pariwisata Kabupaten Brebes 2024

Pemilihan Duta Pariwisata Sinok Sitong Kabupaten Brebes adalah sebuah ajang tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Brebes terkhusus Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Brebes beserta Ikatan Forum Duta Wisata Brebes untuk memilih duta-duta pariwisata yang akan mewakili daerah dalam mempromosikan potensi wisata dan kebudayaan Brebes. Peserta dalam pemilihan ini adalah pemuda-pemudi yang berusia antara 17 hingga 24 tahun, yang memiliki pengetahuan tentang pariwisata, ekonomi kreatif, seni dan budaya, kemampuan komunikasi, serta karakter yang baik. Ajang ini bertujuan untuk mengembangkan pariwisata Kabupaten Brebes dengan melibatkan generasi muda sebagai agen promosi. Setelah hampir kurang lebih 5 tahun vakum, akibat adanya pandemi Covid-19. Alhamdulillah pada tahun ini ajang pemilihan Duta Pariwisata Sinok Sitong Kabupaten Brebes bisa dilaksanakan mulai tanggal 1 juni – 11 Agustus 2024. Dalam kesempatan kali ini Rizki Bagus Satrio dari Program Studi DII Keperawatan Tegal Politekkes Kemenkes Semarang ikut serta dalam berpartisipasi dalam ajang ini.

Para peserta yang mengikuti grand final telah melalui serangkaian seleksi, Dimulai pada tahap administrasi mulai tgl 1 Juni – 22 Juli, dilanjutkan dengan tes tertulis, wawancara, dan unjuk bakat pada tanggal 30 Juli di pendopo Kabupaten Brebes, setelah itu pengumuman 20 besar (10 finalis Sitong dan 10 finalis Sinok) dan selanjutnya mengikuti karantina selama 2 hari di padepokan Kalisoga untuk mendapatkan pembekalan materi terkait kepariwisataaan dan kebudayaan Kabupaten Brebes.

Pemenang dari ajang ini, yang disebut sebagai Sinok dan Sitong, yang akan berperan sebagai wajah dari pariwisata Kabupaten Brebes, menghadiri berbagai acara dan kampanye pariwisata di tingkat regional, nasional, hingga internasional. Selain memilih duta utama, acara ini juga memberikan penghargaan untuk kategori khusus, seperti Sinok dan Sitong Fotogenik, Sinok dan Sitong Kepribadian, Sinok dan Sitong Persahabatan, serta Sinok dan Sitong Terfavorit. Pemilihan ini tidak hanya mengedepankan penampilan luar, tetapi juga menilai intelektualitas, wawasan, dan komitmen para peserta terhadap pengembangan pariwisata lokal.

Dalam ajang ini Rizki Bagus Satrio mendapatkan penghargaan sebagai Juara Fotogenik Sitong Duta Pariwisata Kabupaten Brebes. Ia menyampaikan bahwa ” Meskipun saya belum bisa menjadi juara 1, namun saya bangga bisa meraih juara Fotogenik dan menjadi bagian dari Sinok Sitong Kabupaten Brebes 2024. Pengalaman ini adalah langkah berharga dalam perjalanan saya, dan saya akan terus berkontribusi untuk mempromosikan keindahan serta budaya Kabupaten Brebes dengan sepenuh hati. Sesuai dengan motivasi saya mengikuti ajang ini karena saya ingin menambah wawasan dan petemanan saya serta berkonstribusi aktif dalam kepariwisataan dan turut serta dalam menjaga budaya, karena budaya merupakan identitas bangsa, yang menghubungkan kita dengan akar sejarah dan nilai-nilai leluhur. Melestarikan dan menghargai budaya berarti menjaga jati diri kita sebagai bangsa, membangun kebanggaan akan warisan yang kaya, serta meneruskannya kepada generasi mendatang sebagai warisan yang membanggakan. Saya mengajak seluruh generasi muda, mari lestarikan budaya dan bangkitkan pariwisata indonesia agar dapat dikenal banyak orang, teruslah berani mencoba hal-hal baru dan jangan pernah takut gagal. Setiap langkah yang kita ambil adalah bagian dari proses menuju impian kita. Jangan pernah berhenti berproses, karena di setiap perjalanan itulah kita menemukan pengalaman, wawasan, kekuatan, kebijaksanaan, dan jati diri kita.” Terimakasih.

Berita Terbaru

Scroll to Top
× Bantuan
Skip to content