Poltekkes Kemenkes Semarang Menuju 100 % Prodi Terakreditasi Unggul

DIREKTUR POLTEKKES KEMENKES SEMARANG HADIRI UNDANGAN KEMENTERIAN KESEHATAN BRAZIL

Hadir bersama dengan Sekretaris jenderal Kementerian Keseharan Republik Indonesia, Kunta Wibawa Dasa Nugraha dan tim, Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang bertolak ke Brasil untuk memenuhi undangan Kementerian Kesehatatan negara tersebut dalam acara The Third G20 Health Working Group Meeting Presidensi Brazil, diselenggarakan tanggal 3-6 Juni 2024.

  Anggota G20 kembali mempertegas komitmen untuk mencapai pembangunan berkelanjutan secara holistik dalam dimensi Kesehatan. Hal tersebut mengemuka dalam pertemuan G20 2024 di bawah Presidensi Brasil. Pada pertemuan kali ini anggota G20 akan membahas tentang bagaimana menangani permasalahan Kesehatan global yang relevan dan mendorong kerja sama internasional serta tindakan terkoordinasi, termasuk pembangunan sistem kesehatan yang berketahanan, dengan penekanan pada pengurangan kesenjangan.

Presidensi G20 Brasil 2024 mengusung tema “Building a Just World and a Sustainable Planet” untuk memberikan solusi nyata terhadap permasalahan utama global yaitu kesenjangan sosial. Untuk mendukung tema besar tersebut, telah ditetapkan tiga prioritas utama yakni pertama, pencegahan kesiapsiagaan dan respon terhadap pandemi, kesehatan digital, pemerataan kesehatan, serta perubahan iklim dan kesehatan. Jefri Ardiyanto, M.App.Sc, Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang  sebagai salah satu wakil Indonesia berkesempatan menyampaian narasinya pada forum tersebut. Beliau mengatakan bahwa kegiatan tersebut memiliki poin penting bagi Indonesia dengan output yang mencakup 4 hal yaitu: Konvergensi terkait Global Alliance for Local and Regional Production and Innovation, Showcasing pengobatan tradisional Indonesia, Showcasing upaya pembiayaan Kesehatan Indonesia dan Kesepakatan pembentukan kelompok peneliti long-covid G20.

Pertemuan juga dihadiri Direktur Ketahanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kepala Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Panjang, Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan, Staf Ahli Pusat Kebijakan Kesehatan Global dan Teknologi Kesehatan, Direktur Tata Kelola Kesehatan Masyarakat, dan Kepala Balai Besar Laboratorium Kesehatan Masyarakat Yogyakarta. Presidensi G20 Brasil akan menyelenggarakan ratusan pertemuan dari tingkat working group, engagement group, pertemuan tingkat menteri, dan puncaknya yakni Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Rio de Janeiro pada 18-19 November 2024.

Berita Terbaru

Scroll to Top
× Bantuan
Skip to content