Poltekkes Kemenkes Semarang Menuju 100 % Prodi Terakreditasi Unggul

OENTOE MLAKOE, INOVASI LAYANAN KESEHATAN GIGI KEPADA MASYARAKAT SECARA GRATIS

Inovasi pelayanan publik adalah terobosan jenis pelayanan berupa gagasan/ide kreatif orisinal dan/atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat langsung atau tidak langsung bagi masyarakat. Inovasi layanan mengacu pada penambahan langkah ekstra untuk mengembangkan layanan dan produk baru kepada publik yang memenuhi kebutuhan yang belum tertangani atau memecahkan masalah yang tidak ada di masa lalu.

Mengacu padaa inovasi tersebut, Poltekkes Kemenkes Semarang yang memiliki komitmen mendukung transformasi kesehatan, termasuk diantaranya dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Gua mendekatkan pelayanan kesehatan gigi, yang biasanya pelayanan berada di Klinik Pratama dengan layanan 5 hari dalam seminggu, mulai bulan April 2024 ada layanan keliling bernama Oentoe Mlakoe. Dalam Bahasa Jawa Oentoe berarti gigi dan Mlakoe artinya jalan, memberi pengertian bahawa ada layanan gigi secara mobile.

Inovasi ini digagas Direktur Poltekkes Semarang, Jeffri Ardiyanto, M.App.,Sc yang sangat peduli pada pelayanan kepada masyarakat termasuk pelayanan kesehatan. Gagasan tersebut disambut baik oleh Ketua Jurusan Kesehatan Gigi, Prof.  Dr.drg Diyah Fatmasari, M.DSc beserta jajaran. Bentuk antusias Prof Diyah, demikian biasa dipanggil, ditunjukkan dengan dukungan secara langsung ikut terlibat pada pelayanan kesehatan gigi kepada masyarakat.

Sementara ini jenis layanan yang diberikan berupa edukasi kesehatan gigi, pembersihan  karang gigi/skaling, penambalan satu bidang tanpa bor, dan konseling tumbuh kembang gigi anak-anak. Animo masyarakat terhadap layanan Oentoe Mlakoe ini cukup tinggi, terlihat antrian beberapa pengunjung ditempat mangkal mobil Oentoe Mlakoe yang minggu kemaren berlokasi area car free day di Simpang Lima. Antusiame masyarakat bukan saja karena layanan ini GRATIS juga karena belum ada sebelumnya. Jadi bisa dibilang bahwa Oentoe Mlakoe merupakan inovasi pertama layanan kesehatan gigi keliling yang bisa diakses secara mudah. Pendaftaran dilakukan secara online sehingga pada waktu datang data sudah tersedia, tidak pakai lama bisa langsung dilayani tidak  oleh dokter gigi dan terapis gigi dan mulut yang kompeten.

Menurut Direktur Poltekkes Semarang, saat ini pihaknya sedang menyiapkan 1 lagi unit mobil Oentoe Mlakoe agar bisa lebih banyak melayani masyarakat dalam bidang kesehatan gigi dan mulut @humas_polkessemarang.

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Scroll to Top
× Bantuan
Skip to content