(024) 7460274

humas@poltekkes-smg.ac.id

Poltekkes Kemenkes Semarang Menuju 100% Prodi Terakreditasi Unggul

KEPERAWATAN TEGAL RAIH AKREDITASI UNGGUL

Program Studi D3 Keperawatan Tegal secara resmi bergabung dengan Poltekkes Kemenkes Semarang pada tanggal 5 Juni 2018. Lahirnya Prodi D3 Keperawatan Tegal ini merupakan proses panjang dan berliku dari proses mergernya Akper Pemerintah Kota Tegal ke Poltekkes Kemenkes Semarang. Banyak pihak yang terlibat saat itu dalam proses merger, dari mahasiswa Akper Pemkot Tegal yang ikut mengawal proses merger, para dosen yang meluang kan waktu dan pikirannya, serta para stake holder yaitu Pimpinan DPRD Kota Tegal, Komisi Pendidikan DPRD Kota Tegal, Pemerintah Kota Tegal, Kemente rian Dalam Negeri, dan BPPSDM Kementerian Kesehatan.

Proses merger merupakan suatu keharusan, dengan adanya amanah Undang – Undang No. 12 tahun 2012 tentang Pendi dikan Tinggi dan Undang – Undang No. 23 tahun 2014, yang kemudian diubah dengan Undang Undang Nomor 9 tahun 2015 tentang Pemerintah Daerah bahwa pengelolaan Pendidikan Tinggi merupakan kewenangan dari Pemerintah Pusat.

Dengan kondisi tersebut, Akper Pemerintah Kota Tegal yang tadinya dikelola oleh Pemerintah Kota Tegal, maka harus diupayakan untuk dikelola ke Pemerintah Pusat, salah satu upaya adalah merger dengan Poltekkes Kemenkes Semarang, yang pengelo laannya oleh Kementerian Kesehatan RI. Kemudian terwujud pada tanggal 05 Juni 2018 seluruh aset dan pengelolaan, serta dokumen Akper Pemerintah Kota T egal dari Pemerintah Kota Tegal secara resmi diserahkan kepada Kementerian Kesehatan yang ditetapkan dengan Nomor 030/003 dan Nomor KN.02.07/H.1/1918/2018.

Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja (Sevima.Com). Guna menjamin lulusannya memperoleh pengakuan atas penyelenggaraan pendidikan yang terbaik, Prodi Keperawatan Tegal melakukan Re-Akreditasi yang dilaksanakan pada tanggal 11-12 Februari 2024 oleh Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes).

Setelah melakukan asesmen lapangan dengan mencocokkan semua data dukung 9 kriteria, akhirnya melalui surat nomor 0112/LAM-PTKes/Akr/Dip/III/2024 ttg Status, Nilai Dan Peringkat, Program Studi Diploma III Keperawatan Tegal dinyatakan UNGGUL dengan perolehan nilai 372. Prestasi ini semakin mengokohkan Polteknik Kesehatan dibawah Kementerian Kesehatan sebagai perguruan tinggi yang handal. Tekad untuk menjadi Poltekkes Kemenkes Semarang 100% Unggul semakin dekat dengan bertambahnya 1 program studi lagi berstatus Unggul.@humas_polkessmg

Berita Terbaru

Scroll to Top
× Bantuan
Skip to content