Error
  • JFolder::create: Could not create directory
Print

Sentra Vaksinasi PolkesMar

Written by poltekkes kemenkes semarang Published on . Posted in Berita

Dalam rangka membantu percepatan vaksinasi Covid-19, Sentra Vaksinasi PolkesMar bekerjasama dengan Kemenkes dan Dinas Kesehatan Kota Semarang menyelenggarakan kegiatan vaksinasi sejak tanggal 16 Juni 2021. Pelayanan vaksinasi dilaksanakan setiap hari Senin sampai Jum’at. Kegiatan vaksinasi berkolaborasi dengan Puskemas Srondol, Padangsari, Ngesrep, Rowosari dan Pudak Payung. Jumlah penerima vaksinasi setiap hari antara 200 s.d 1000 sasaran atau menyesuaikan alokasi vaksin yang tersedia. Sentra vaksin Polkesmar melayani peserta vaksin diprioritaskan bagi yang sudah mendaftar secara online di aplikasi Victori Dinkes Kota Semarang dan sudah mendapatkan undangan WA blast yang dikirim dari DKK Kota Semarang... Sentra vaksin Polkesmar juga sudah dua kali mendapatkan dosis dari Kemenkes masing-masing 1000 dosis diperuntukkan bagi peserta vaksin tanpa syarat domisli. Penerima dosis dari Kemenkes melakukan pendaftaran online yang disediakan oleh Polkesmar dan sebagian diberikan melalui pelayanan onsite. Pelayanan vaksin secara onsite bagi warga kota Semarang dapat dilayani cukup dengan membawa KTP, sedangkan bagi KTP luar kota Semarang diwajibkan membawa surat keterangan domisili dari kelurahan di Kota Semarang. Akan tetapi kuota bagi pendaftar onsite sangat terbatas, maksimal per hari hanya sekitar 50-150 dosis.

Sejak tanggal 14 Juli 2021 selain melaksanakan vaksin 1 dilaksanakan vaksin 2 setiap harinya, Akan tetapi mulai tanggal 27 Juli 2021 hingga saat ini, pelayanan hanya bagi penerima vaksin 2 dikarenakan alokasi vaksin 1 saat ini difokuskan di Kelurahan masing-masing wilayah Puskesmas. Oleh karena itu bagi masyarakat yang ingin vaksin 1 di sentra vaksinasi PolkesMar belum dapat dilayani sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan. Bila alokasi vaksin 1 sudah tersedia, maka pelayanan vaksin 1 segera dibuka kembali. Dimohon masyarakat untuk aktif mencari informasi melalui medsos PolkesMar.

Adapun alur pelekasanaan vaksin dimulai dengan menunjukkan undangan wa blast dari DKK Kota Semarang (bagi vaksin 1) atau membawa kartu keterangan vaksin 1 (bagi peserta vaksin 2). Peserta vaksin mengisi form monitoring yang dibagikan petugas, selanjutnya dailakukan pengukuran suhu dan tekanan darah, input data di p care BPJS, screening status kesehatan oleh tim dokter Puskesmaspemberian vaksin, observasi dan pemberian kartu keterangan vaksin..

alur sentra vaksin polkesmar


Sebelum dilakukan vaksin, dilakukan screening status kesehatan oleh dokter dari Puskesmas untuk menentukan apakah peserta dapat dilanjutkan vaksin atau ditunda untuk menghindari Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)Beberapa hal yang dapat mengakibatkan penundaan vaksin adalah : Penyintas covid kurang dari 3 bulan, wanita hamil, wanita program hamil, menderita penyakit auto imune (Misal : Systemic Lupus Esytematosus/ HIV/ Sindroma Steven’s Johnson dll), mengkonsumsi obat penurun auto imune (misal golongan kortiosteroid) dan obat pengencer darah, ada riwayat alergi obat, tekanan darah lebih dari 180/120 mmHg dan suhu lebih dari 37,30 C, penderita DM dan Hipertensi yang tidak terkontrol dan dalam kondisi sakit (batuk, flu atau sakit lain). Hal lain yang perlu diperhatikan bahwa untuk vaksin 2 harus sesuai dengan hari dan tanggal undangan. Bila peserta vaksin 2 datang tidak sesuai hari dan tanggal undangan, mohon untuk datang ke Puskesmas sesuai yang tertera dalam undangan.