Layanan Kesehatan

Poltekkes Semarang merupakan institusi pendidikan vokasional, dalam hal ini mahasiswa akan lebih banyak melakukan kegiatan praktek daripada kegiatan teori, baik praktek di laboratorium, klinik maupun lahan praktek seperti rumah sakit, rumah bersalin, dinas kesehatan maupun praktek kerja lapangan di desa, dimana sesuai dengan kurikulum akan dimulai pada semester 3 sampai dengan semester 5 atau 6. Jadual kegiatan yang padat ini, yang merupakan ciri pendidikan diploma, menuntut mahasiswa selalu dalam kondisi sehat, baik fisik maupun mental-rohani, agar dapat mengikuti kegiatan perkuliahan dengan baik dan lulus tepat waktu. Untuk itu diperlukan upaya bagi terselenggaranya pelayanan kesehatan yang baik bagi mahasiswa.

Saat ini, biaya pelayanan kesehatan terus mengalami peningkatan, hal ini akan menjadi beban bagi mahasiswa apabila harus ditanggung secara individu. Beban tersebut akan menjadi ringan apabila terjadi kebersamaan serta gotong royong melalui mekanisme jaminan kesehatan yang akan mengalihkan resiko individu menjadi resiko kelompok; dan mengubah resiko biaya kesehatan yang tidak pasti menjadi biaya yang pasti. Melalui program Jaminan Kesehatan, Poltekkes Semarang memberikan bantuan jaminan pelayanan kesehatan bagi mahasiswanya dalam beberapa komponen kejadian tertentu, seperti: jaminan meninggal akibat kecelakaan, jaminan akibat kecelakaan yang mengakibatkan cacat tetap dan jaminan rawat inap. Besaran santunan untuk masing-masing komponen tersebut bervariasi. Pada tahun-tahun mendatang, manajemen berharap jaminan yang diperoleh mahasiswa dapat diperluas dengan besaran santunan yang meningkat pula.

Prosedur klaim asuransi dapat dilakukan dengan mengajukan permohonan kepada Direktur Poltekkes melalui ketua Prodi dengan sepengetahuan Ketua Jurusan yang disertai dengan bukti-bukti pendukung seperti: kuitansi pengobatan. Informasi lebih lanjut terkait jaminan kesehatan ini dapat diperoleh melalui Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan atau Sub Bagian Administrasi Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama.