Print

Unit Teknologi dan informasi

Published on Posted in Unit

 

Kepala Unit: Sudiarto, MN

Unit Komputer / Informasi dan Teknologi adalah unit penunjang teknis di bidang pengolahan data dan informasi yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur. Secara teknis fungsional dibina oleh Pudir III.

  1. Unit Komputer / Informasi dan Teknologi adalah unit penunjang teknis di bidang pengolahan data dan informasi yang berada di bawah dan  bertanggung jawab langsung kepada Direktur. Secara teknis fungsional dibina oleh Pudir III.
  2. Unit Komputer / Informasi dan Teknologi mempunyai tugas mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menyimpan data dan informasi serta memberikan layanan untuk program-program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  3. Unit Komputer / Informasi dan Teknologi mempunyai fungsi:

o    Pengumpulan dan pengolahan data dan informasi;

o    Penyajian dan penyimpanan data dan informasi;

o    Pemberian layanan dan pendayagunaan komputer;

o    Pelaksanaan urusan tata usaha Unit Komputer / Informasi dan Teknologi;

o    Pengembangan teknologi informasi;

o    Melakukan koordinasi dengan Sub Unit Komputer / Informasi dan Teknologi di masing-masing Jurusan;

o    Di setiap Jurusan dapat dibentuk Sub Unit Komputer / Informasi dan Teknologi sesuai kebutuhan.

Sistem Informasi yang sudah ada di POLTEKKES KEMENKES SEMARANG

Sipenmaru On-line

Sistem ini telah digunakan sejak tahun 2009 untuk proses penerimaan mahasiswa baru jalur umum. Pada tahun 2010, system ini dikembangkan untuk penerimaan mahasiswa baru jalur Mandiri dan pada tahun 2011 dikembangkan lagi untuk penerimaan jalur PMDP. Melalui sipenmaru on-line mahasiswa dapat melakukan pendaftaran dari tempat asal calon mahasiswa dan tidak perlu kontak langusng dengan Poltekkes Semarang. Pengumuman hasil ujian dilakukan secara individual pada data base calon  mahasiswa. Informasi dan mekanisme Sipenmaru disediakan di system ini, lebih lanjut silahkan klik link: http://sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id


SI-Madu (Sistem Informasi Manajemen Akademik Terpadu)

Si-Madu merupakan aplikasi untuk mendukung administrasi penyelenggaraan pendidikan, dengan Si-Madu, Poltekkes Kemenkes Semarang dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik dan efektif, baik di dalam maupun di luar lingkungan kampus melalui internet. Melalui sistem ini mahasiswa mendapatkan layanan yang lebih cepat dan lebih mudah. Sistem Informasidapat diakses di http://simadu.poltekkes-smg.ac.id

Layanan yang didapatkan dari Si-Madu adalah:

  1. Informasi tagihan pembayaran Her registrasi secara host to host dengan bank
  2. Informasi Jadwal Kuliah
  3. Pencetakan Kartu Rencana Studi
  4. Pencetakan Kartu Ujian
  5. Pencetakan Kartu Hasil Studi
  6. Pencetakan Transkrip Kuliah
  7. Pencetakan SKPI (Surat Keterangan pendamping Ijazah)
  8. Sharing dokumen administrasi pendidikan (bagi dosen)

WEBSERVICE
Aplikasi ini digunakan untuk mempush data dari Aplikasi SI-Madu agar bisa terkoneksi dengan data feeder Pangkalan Data Pendidikan Tinggi dalam teknis pelaporan Data base mahasiswa dan Dosen ke Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi.

ONLINE LIBRARY


Sistem Informasi pendukung oprasional perpustakaan yang berfungsi sebagai sarana manajemen katalog buku dan berbagai koleksi Karya Tulis Ilmiah (KTI) berikut status ketersediannya pada perpustakaan yang berada di lingkunganPoltekkes Kemenkes Semarang. Dengan aplikasi ini civitas academica Poltekkes Kemenkes Semarang dapat mencari koleksi bahan pustaka tanpa harus datang ke perpustakaan. Mahasiswa/pengguna dapat mengakses di website: http://library
http://library.poltekkes-smg.ac.id

HELTI (Higher Education Based on e-learning and Teaching Intensive)

Aplikasi ini disediakan sebagai sarana pendukung elektronik learning (e-learning) bagi mahasiswa sehingga memungkinkan interaksi secara virtual. Mahasiswa dapat mengunduh materi perkuliahan dan bahan ajar dari berbagai jenis sumber belajar (text, video, power point dll)

Career center

Portal  Karir  berfungsi sebagai  fasilitas media  mempertemukan alumni Poltekkes Semarang  dengan instansi/perusahaan/stake holder pencari tenaga kerja, sedangkan  Portal Alumni sebagai fasilitas media  komunikasi antar alumni dan institusi. Melalui Portal Karir,  Alumni Poltekkes Semarang dapat membuat Curriculum Vitae online, melihat informasi lowongan pekerjaan terbaru dan melamar pada lowongan pekerjaan yang telah terdaftar pada sistem ini.

Alumni

Portal alumni digunakan sebagai database alumni Poltekkes Kemenkes Semarang. Alumni yang telah melakukan registrasi di portal ini daapt terpantau terkait job (pekerjaan) yang mereka dapatkan, tempat kerja dan sebaran tempat kerja lulusan.


 

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn