Print

Unit Teknologi dan informasi

Published on Posted in Unit

 

Kepala Unit: Sudiarto, MN

Unit Komputer / Informasi dan Teknologi adalah unit penunjang teknis di bidang pengolahan data dan informasi yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur. Secara teknis fungsional dibina oleh Pudir III.

  1. Unit Komputer / Informasi dan Teknologi adalah unit penunjang teknis di bidang pengolahan data dan informasi yang berada di bawah dan  bertanggung jawab langsung kepada Direktur. Secara teknis fungsional dibina oleh Pudir III.
  2. Unit Komputer / Informasi dan Teknologi mempunyai tugas mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menyimpan data dan informasi serta memberikan layanan untuk program-program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  3. Unit Komputer / Informasi dan Teknologi mempunyai fungsi:

o    Pengumpulan dan pengolahan data dan informasi;

o    Penyajian dan penyimpanan data dan informasi;

o    Pemberian layanan dan pendayagunaan komputer;

o    Pelaksanaan urusan tata usaha Unit Komputer / Informasi dan Teknologi;

o    Pengembangan teknologi informasi;

o    Melakukan koordinasi dengan Sub Unit Komputer / Informasi dan Teknologi di masing-masing Jurusan;

o    Di setiap Jurusan dapat dibentuk Sub Unit Komputer / Informasi dan Teknologi sesuai kebutuhan.

Sistem Informasi yang sudah ada di POLTEKKES KEMENKES SEMARANG

Sipenmaru On-line

Sistem ini telah digunakan sejak tahun 2009 untuk proses penerimaan mahasiswa baru jalur umum. Pada tahun 2010, system ini dikembangkan untuk penerimaan mahasiswa baru jalur Mandiri dan pada tahun 2011 dikembangkan lagi untuk penerimaan jalur PMDP. Melalui sipenmaru on-line mahasiswa dapat melakukan pendaftaran dari tempat asal calon mahasiswa dan tidak perlu kontak langusng dengan Poltekkes Semarang. Pengumuman hasil ujian dilakukan secara individual pada data base calon  mahasiswa. Informasi dan mekanisme Sipenmaru disediakan di system ini, lebih lanjut silahkan klik link: http://sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id


SI-Madu (Sistem Informasi Manajemen Akademik Terpadu)

Si-Madu merupakan aplikasi untuk mendukung administrasi penyelenggaraan pendidikan, dengan Si-Madu, Poltekkes Kemenkes Semarang dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik dan efektif, baik di dalam maupun di luar lingkungan kampus melalui internet. Melalui sistem ini mahasiswa mendapatkan layanan yang lebih cepat dan lebih mudah. Sistem Informasidapat diakses di http://simadu.poltekkes-smg.ac.id

Layanan yang didapatkan dari Si-Madu adalah:

  1. Informasi tagihan pembayaran Her registrasi secara host to host dengan bank
  2. Informasi Jadwal Kuliah
  3. Pencetakan Kartu Rencana Studi
  4. Pencetakan Kartu Ujian
  5. Pencetakan Kartu Hasil Studi
  6. Pencetakan Transkrip Kuliah
  7. Pencetakan SKPI (Surat Keterangan pendamping Ijazah)
  8. Sharing dokumen administrasi pendidikan (bagi dosen)

WEBSERVICE
Aplikasi ini digunakan untuk mempush data dari Aplikasi SI-Madu agar bisa terkoneksi dengan data feeder Pangkalan Data Pendidikan Tinggi dalam teknis pelaporan Data base mahasiswa dan Dosen ke Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi.

ONLINE LIBRARY


Sistem Informasi pendukung oprasional perpustakaan yang berfungsi sebagai sarana manajemen katalog buku dan berbagai koleksi Karya Tulis Ilmiah (KTI) berikut status ketersediannya pada perpustakaan yang berada di lingkunganPoltekkes Kemenkes Semarang. Dengan aplikasi ini civitas academica Poltekkes Kemenkes Semarang dapat mencari koleksi bahan pustaka tanpa harus datang ke perpustakaan. Mahasiswa/pengguna dapat mengakses di website: http://library
http://library.poltekkes-smg.ac.id

HELTI (Higher Education Based on e-learning and Teaching Intensive)

Aplikasi ini disediakan sebagai sarana pendukung elektronik learning (e-learning) bagi mahasiswa sehingga memungkinkan interaksi secara virtual. Mahasiswa dapat mengunduh materi perkuliahan dan bahan ajar dari berbagai jenis sumber belajar (text, video, power point dll)

Career center

Portal  Karir  berfungsi sebagai  fasilitas media  mempertemukan alumni Poltekkes Semarang  dengan instansi/perusahaan/stake holder pencari tenaga kerja, sedangkan  Portal Alumni sebagai fasilitas media  komunikasi antar alumni dan institusi. Melalui Portal Karir,  Alumni Poltekkes Semarang dapat membuat Curriculum Vitae online, melihat informasi lowongan pekerjaan terbaru dan melamar pada lowongan pekerjaan yang telah terdaftar pada sistem ini.

Alumni

Portal alumni digunakan sebagai database alumni Poltekkes Kemenkes Semarang. Alumni yang telah melakukan registrasi di portal ini daapt terpantau terkait job (pekerjaan) yang mereka dapatkan, tempat kerja dan sebaran tempat kerja lulusan.


 

Print

Unit Asrama

Published on Posted in Unit

Unit Asrama

Ka. Unit : Sri Wahyuni, SKep, Ners

Link :Asramapoltekkessemg.blogspot.com   

 

 

Unit Asrama adalah unit penunjang teknis di bidang akomodasi bagi mahasiswa yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur. Secara teknis fungsional dibina oleh Pudir III.

 

  1. Unit Asrama dipimpin oleh seorang Kepala yang ditunjuk diantara staf di lingkungan Unit Asrama oleh Direktur atas usulan Kajur dengan memperhatikan pertimbangan Pudir III;
  2. Unit Asrama mempunyai tugas memberikan pelayanan akomodasi bagi mahasiswa dan membantu pembinaan mahasiswa;
  3. Unit Asrama mempunyai fungsi:

 

o    Penyediaan dan pengelolaan;

 

o    Pemberian layanan dan pendayagunaan asrama;

 

o    Pemeliharaan Unit Asrama;

 

o    Pengembangan Unit Asrama;

 

o    Pelaksanaan urusan tata usaha Unit Asrama;

 

o    Melakukan koordinasi dengan Sub Unit Asrama di masing-masing Jurusan.

 

  1. Di setiap Jurusan dapat dibentuk Sub Unit Asrama sesuai kebutuhan.

 

Di masing-masing kampus terdapat asrama yang dapat dimanfaatkan  oleh mahasiswa bagi yang berminat tinggal di asrama. Khusus untuk kampus I (Tembalang), asrama di wajibkan hanya bagi mahasiswa tingkat I Jurusan Keperawatan, Kesehatan Gigi dan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi. Dengan kapasitas hanya untuk 350 mahasiswa, mahasiswa tingkat II dan III tidak dapat diakomodir tinggal di asrama.

 

 

Print

Unit Pusat Pengembangan Karir

Published on Posted in Unit

Unit Pusat Pengembangan Karir


Ka.Unit : DR. drg. Dyah Fatmasari, MDSC


Link: http://karir.poltekkes-smg.ac.id

Unit Pusat Pengembangan Karir adalah unit penunjang teknis di bidang pengembangan karir lulusan Poltekkes Kemenkes Semarang yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur. Secara teknis fungsional dibina oleh Pudir III.

  1. Unit Pusat Pengembangan Karir dipimpin oleh seorang Kepala yang ditunjuk diantara staf di lingkungan Unit Pusat Pengembangan Karir oleh Direktur atas usulan Kajur dengan memperhatikan Pudir III;
  2. Unit Pusat Pengembangan Karir mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan dan memantau pengembangan karir lulusan Poltekkes Kemenkes Semarang;
  3. Unit Pusat Pengembangan Karir mempunyai fungsi:

o    Perencanaan program pengembangan karir lulusan Poltekkes Kemenkes Semarang;

o    Pengembangan jaringan informasi pasar kerja tenaga kesehatan di dalam dan di luar negeri;

o    Pelaksanaan kegiatan pengembangan karir lulusan Poltekkes Kemenkes Semarang;

o    Penyusunan laporan secara berkala pelaksanaan pengembangan karir lulusan Poltekkes Kemenkes Semarang;

o    Melakukan koordinasi dengan Sub Unit Pusat Pengembangan Karir di masing-masing Jurusan.

  1. Di setiap Jurusan dapat dibentuk Sub Unit Pusat Pengembangan Karir sesuai kebutuhan.

 

Print

Unit Penjaminan Mutu

Published on Posted in Unit

Unit Penjaminan Mutu

 

Ka.Unit : drg. Lanny Sunarjo, MDSc

 

Unit Penjaminan Mutu adalah unit penunjang teknis di bidang penjaminan mutu yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur. Secara teknis fungsional dibina oleh Pudir I.

  1. Unit Penjaminan Mutu dipimpin oleh seorang Kepala yang ditunjuk diantara staf di lingkungan Unit Penjaminan Mutu oleh Direktur atas usulan Pudir I;
  2. Unit Penjaminan Mutu mempunyai tugas melakukan penjaminan mutu pendidikan secara bertahap, sistematis dan terencana dalam suatu program penjaminan mutu yang memiliki target dalam kerangka waktu yang jelas;
  3. Unit Penjaminan Mutu mempunyai fungsi:

o    Perencana dan pelaksana sistem penjaminan mutu akademik secara keseluruhan di Poltekkes Kemenkes Semarang

o    Penyusun perangkat dokumen (kebijakan akademik, dokumen mutu, dokumen akademik) yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik;

o    Pengembang sistem informasi penjaminan mutu akademik;

o    Pelaksana monitoring sistem penjaminan mutu akademik;

o    Pelaksana audit mutu akademik internal dan evaluasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik;

o    Penyusun laporan secara berkala pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik;

o    Melakukan koordinasi dengan Sub Unit Penjaminan Mutu di masing-masing Jurusan;

o    Di setiap Jurusan dapat dibentuk Sub Unit Penjaminan Mutu sesuai kebutuhan;

o    Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh unit Penjaminan mutu ditujukan untuk terjadinya continuous improvement di POltekkes Kemenkes Semarang dengan menggunakan konsep PDCA (Plan, Do, Check, Action);

o    Kegiatan yang sudah dilaksanakan diantaranya adalah:

1.    Menyiapkan prosedur standard dan prosedur Belajar Mengajar

2.    Melaksanakan proses penjaminan mutu

3.    Memonitor proses penjaminan mutu dengan melaksanakan AMI (Audit Mutu Internal) setiap enam bulan sekali dan melaksanakan surveillance dari Assessor external ( PT SGS)

4.    Mengadakan Rapat Tinjauan Manajemen setiap enam bulan sekali

5.    Mengumpulkan baseline data sasaran mutu

6.    Melaksanakan survey kepuasan pelanggan

 
HASIL SURVEY KEPUASAN DOSEN DAN KARYAWAN TERHADAP PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA

Print

Unit PPL

Published on Posted in Unit

Unit Pengembangan Pendidikan & Laboratorium


Kepala Unit : drg. Irma Haida Yulia Siregar, MKes

 

 

Unit Laboratorium adalah unit penunjang teknis di bidang laboratorium dari satu atau sebagian cabang ilmu tertentu sesuai dengan kebutuhan Jurusan. Unit ini berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur dan secara teknis fungsional sehari-hari dibina oleh Pudir I.

 Unit Laboratorium dipimpin oleh seorang Kepala yang ditunjuk oleh Direktur atas usulan Kajur dengan memperhatikan pertimbangan Pudir I;

  1. Unit Laboratorium mempunyai tugas memberikan layanan bahan dan peralatan laboratorium untuk keperluan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  2. Unit Laboratorium mempunyai fungsi:

 o    Perencanaan, penyediaan dan pengelolaan bahan laboratorium;

 o    Pemberian layanan dan pendayagunaan bahan dan peralatan laboratorium;

 o    Pemeliharaan bahan dan peralatan laboratorium;

 o    Pelaksanaan urusan tata usaha laboratorium;

 o    Pengembangan laboratorium;

 o    Melakukan koordinasi dengan Sub Unit Laboratorium di masing-masing Jurusan.

 

  1. Di setiap Jurusan dapat dibentuk Sub Unit Laboratorium sesuai kebutuhan.

 

 

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn