Print

Proses Belajar Mengajar

Published on Posted in Menu Lain

PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN
(Proses Belajar Mengajar)

I. REGISTRASI MAHASISWA

A. Proses Registrasi dan Herregistrasi Mahasiswa
    1. Registrasi Administrasi/Keuangan
        a. Mahasiswa baru melakukan pembayaran biaya pendidikan di salah satu bank
            yang ditunjuk dengan Sistem Student Payment Center (SPC) online.
        b. Bukti pembayaran dibawa pada saat mahasiswa baru melakukan registrasi
            akademik.
    2. Registrasi Akademik
        Mahasiswa yang telah melaksanakan registrasi administrasi, segera
        melaksanakan registrasi akademik.

B. Besaran Biaya Pendidikan
    Besaran biaya pendidikan mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Republik
    Indonesia Nomor 18/PMK.05/2016 tanggal 12 Februari 2016 tentang Tarif
    Badan Layanan Umum Politeknik Kesehatan Semarang pada Kementerian
    Kesehatan.

II. PENGENALAN PROGRAM STUDI MAHASISWA (PPSM)
Pengenalan Program Studi Mahasiswa (PPSM) merupakan kegiatan awal pendidikan sebelum proses belajar mengajar berlangsung di Perguruan Tinggi.Tujuan dilaksanakannya Pengenalan Program Studi Mahasiswa adalah untuk Memberikan pemahaman terhadap mahasiswa tentang Poltekkes Kemenkes Semarang dan lingkungan belajarnya (ruang kelas, laboratorium, perpustakaan) sehingga dapat menyesuaikan diri untuk mencapai keberhasilan belajar yang optimal. Memberikan gambaran tentang proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh jurusan, aturan dan norma etika mahasiswa serta hak dan kewajiban mahasiswa selama menempuh pendidikan di Poltekkes Kemenkes Semarang.

A. PEMBICARA
     1. Pejabat Poltekkes Kemenkes Semarang
     2. Dosen-Dosen di lingkungan Poltekkes Kemenkes Semarang.
     3. Organisasi Profesi.
     4. Badan Eksekutif Mahasiswa.
     5. Narasumber pakar dari Luar Poltekkes Kemenkes Semarang.

B. MATERI
Materi yang disampaikan dalam kegiatan PPSM memuat hal-hal yang bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan,keterampilan maupun sikap bagi mahasiswa baru untuk mengikuti pendidikan di perguruan tinggi. Materi dapat dilakukan pembaruan sesuai dengan kepentingan/isu/program yang berkembang, diantaranya adalah sebagai berikut :

     1. Profil Poltekkes Kemenkes Semarang dan program-programnya.
     2. Pengembangan mahasiswa (soft skills).
     3. Isu-isu terkini program kesehatan.
     4. Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).
     5. Pembinaan Remaja.
     6. Narkoba.
     7. AIDS.
     8. Wawasan Kebangsaan.
     9. Nasionalisme.

C. MATERI
Peserta kegiatan Pengenalan Program Studi Mahasiswa (PPSM) adalah mahasiswa baru hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru setiap tahunnya dan mahasiswa lama yang belum mengikuti PPSM pada tahun pertama perkuliahannya.

D. MATERI
Pengenalan Program Studi Mahasiswa dilaksanakan di 5 (lima) kota, yaitu :

     1. Semarang untuk kampus I,II dan III.
     2. Blora untuk kampus IV.
     3. Magelang untuk kampus V.
     4. Pekalongan untuk kampus VI.
     5. Purwokerto untuk kampus VII dan VIII.

E. Masa Orientasi Mahasiswa Program Pasca sarjana
Masa orientasi bagi mahasiswa baru program pascasarjana meliputi kegiatan dalam rangka penguatan karakter (character building) dan outbond. Kegiatan penguatan karakter dilakukan secara indoor, untuk kegiatan outbond dilaksanakan di luar ruangan/outdoor. Penguatan karakter bertujuan untuk menggali dan memunculkan berbagai potensi dari mahasiswa pascasarjana yang selama ini tidak disadari ada dalam diri setiap mahasiswa, ataupun memberikan penguatan terhadap berbagai karakter yang sudah melekat pada diri setiap mahasiswa.
Kegiatan outdoor melingkupi aneka pelatihan yang didesain khusus untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan (leadership), ketrampilan berkomunikasi (communication skill), perencanaan (planning), managemen perubahan (change management), kerjasama tim, dan motivasi.

III. PROSES PEMBELAJARAN
Kegiatan pendidikan di Poltekkes Kemenkes Semarang dilaksanakan dengan menggunakan Sistem Paket dan waktu penyelenggaraannya diatur dengan menggunakan sistem semester. Satu semester setara dengan kegiatan pembelajaran 16 (enam belas) minggu efektif termasuk Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Dalam Sistem Paket ini, perencanaan, penyusunan, dan pelaksanaan program pendidikan berdasarkan pada paket-paket mata kuliah yang telah ditetapkan untuk setiap semesternya.
Sedangkan besarnya bobot tiap mata kuliah diperhitungkan dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Secara umum Sistem Kredit Semester memiliki ciri ciri sebagai
berikut :
1. Setiap cabang ilmu atau mata kuliah diberi nilai kredit dalam satuan kredit semester (SKS).
2. Dosen-Dosen di lingkungan Poltekkes Kemenkes Semarang.
3. Organisasi Profesi. Di dalamnya termasuk waktu untuk perkuliahan (Pengalaman Belajar Teori/T), praktik laboratorium/workshop (Pengalaman Belajar Pratikum/P), kerja lapangan/klinik/komunitas (Pengalaman Belajar Lapangan/L/K) ataupun penugasan lainnya.

     a. Pengalaman Belajar Teori (T)
     b. Pengalaman Belajar Praktik Laboratorium/Workshop (P)
     c. Pengalaman Belajar Klinik (K)/ Pengalaman Belajar Lapangan/ Komunitas (L)
     d. Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI)/ Tugas Akhir (TA)/ Skripsi
     e. Untuk Program Pascasarjana, ketentuan tentang sistem pembelajaran,
         penyelenggaraan satu SKS beban akademik dalam bentuk kuliah, responsi
         atau tutorial, seminar, kegiatan praktikum dan praktek lapangan serta
         penelitian dalam rangka penyusunan tesis mengikuti Standar Nasional
         Pendidikan Tinggi (SNPT) yang berlaku.

A. Beban Studi
     1. Beban Studi dalam Satu Semester
         Beban studi mahasiswa dalam satu semester sesuai dengan paket mata kuliah
         yang telah ditentukan dalam struktur program pendidikan yang berlaku di
         Jurusan/Prodi.
     2. Beban Studi Program Pendidikan
          a. Beban studi program Diploma III paling sedikit 108 SKS
          b. Beban studi program Diploma IV yang berlatar belakang SMA paling sedikit
              144 SKS.
          c. Beban studi Program Diploma IV yang latar belakang pendidikan DIV
              paling sedikit 32 SKS
          d. Pendidikan Program Pascasarjana Magister Terapan Kesehatan mempunyai
              beban studi paling sedikit 36 SKS.
B. Batas Waktu Studi
Batas waktu studi adalah waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk menyelesaikan Program Pendidikannya yaitu :

Program Studi D III

:

6 – 10   semester

Program Studi D IV

Program Studi D IV (2 semester)/ Alih Jenjang

Pascasarjana Program Magister Terapan Kesehatan

:

:

:

8 – 14   semester

2 – 4     semester

4 – 8     semester

C. Cuti dan Sanksi Akademik
     1. Ruang Lingkup Cuti Akademik
          a. Cuti akademik adalah masa istirahat dari kegiatan akademik pada waktu
               tertentu selama mahasiswa yang bersangkutan mengikuti pendidikan di
               Poltekkes Kemenkes Semarang.
          b. Cuti akademik tidak diperhitungkan sebagai masa aktif dalam kaitannya
               dalam batas waktu studi.
          c. Cuti akademik akan diberikan oleh Direktur setelah ada pengajuan dari
               mahasiswa dan rekomendasi dari Ketua Program Studi/ Ketua Jurusan
     2. Jenis Cuti Akademik
          a. Cuti Akademik karena pengajuan mahasiswa
          b. Cuti Akademik dengan alasan khusus
     3. Sanksi Akademik
          Sanksi akademik diberlakukan kepada mahasiswa sesuai dengan ketentuan
          pada buku pedoman norma etika bagi mahasiswa Poltekkes Kemenkes
          Semarang
D. Bimbingan dan Konseling
     1. Bimbingan dan konseling (BK) dilakukan oleh Dosen Pembimbing Akademik
          yang ditetapkan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang atas usulan
          Jurusan/Program Studi.
     2. Dosen Pembimbing Akademik adalah dosen tetap Poltekkes Kemenkes Semarang
          yang bertugas:
          a. Menyusun program kegiatan BK untuk bimbingannya.
          b. Melaksanakan proses BK.
          c. Membuat laporan kegiatan BK.
          d. Menandatangani Kartu Rencana Studi Mahasiswa bimbingannya.
     3. Format bimbingan disesuaikan dengan buku pedoman bimbingan dan konseling
          yang sudah ditetapkan.

E. Sumber Belajar (Laboratorium, Perpustakaan, E-Learning)
     1. Laboratorium
          Laboratorium praktek sesuai bidang peminatan, laboratorium komputer
          dan laboratorium bahasa
     2. Perpustakaan
          Perpustakaan terdapat di masing-masing kampus lokasi kampus I, III, IV, V, VI,
          VII dan Kampus VIII dengan koleksi buku yang memadai dan dapat di akses
          secara elektronik (e-library)
     3. E Learning3. E - Learning
          E – learning merupakan inovasi dalam proses belajar mengajar yang
          menggunakan berbagai media khususnya internet. Poltekkes Kemenkes
          Semarang telah mengembangkan sistem e-learning dalam bentuk Health
          Education Based on E-Learning and Training Intensive (HELTI), yang
          dapat diakses melalui http://elearning.poltekkes-smg.ac.id. Melalui
          aplikasi ini mahasiswa dapat mendownload materi-materi yang diupload
          oleh dosen dan memungkinkan proses belajar secara interkatif berupa
          tutorial online.
F. Sivitas Akademika (Tenaga Pendidik, Kependidikan, dan Mahasiswa)
     1. Dosen
     2. Tenaga Kependidikan
     3. Mahasiswa
G. Kerjasama
Dalam rangka menunjang keberhasilan proses belajar mengajar, Poltekkes Kemenkes Semarang melakukan berbagai kerja sama dengan institusi lain, antara lain dengan lahan praktik Puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota dan Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta di dalam maupun luar negeri, Balai Pelatihan Kesehatan, Institusi Pendidikan dan Institusi lainnya.
H. Wisuda
Setelah mahasiswa dinyatakan lulus dalam yudisium, dapat mengajukan proses wisuda. Proses pendaftaraan wisudawan dilakukan juga secara online melalui aplikasi http://alumni.poltekkes-smg.ac.id.

IV. EVALUASI PEMBELAJARAN

A. Evaluasi Formatif dan Sumatif
     1. Evaluasi Formatif
     2. Evaluasi Sumatif
     3. Jenis Penilaian
          a. Penilaian Pembelajaran Teori
          b. Penilaian Pembelajaran Praktikum/Workshop
          c. Penilaian Pembelajaran Klinik/Lapangan/Komunitas
          d. Perbedaan penilaian

     4. Data Nilai
          Pelaporan penilaian berupa kualifikasi keberhasilan mahasiswa dalam
          menempuh suatu mata kuliah yang dinyatakan dalam kisaran :
          a. huruf A setara dengan angka 4 (empat) berkategori sangat baik;
          b. huruf B setara dengan angka 3 (tiga) berkategori baik;
          c. huruf C setara dengan angka 2 (dua) berkategori cukup;
          d. huruf D setara dengan angka 1 (satu) berkategori kurang; atau
          e. huruf E setara dengan angka 0 (nol) berkategori sangat kurang.
          Nilai akhir suatu mata kuliah diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk
          huruf mutu dan angka mutu berdasarkan tabel dibawah ini.

No

Kisaran Nilai

Huruf Mutu

Angka Mutu

1

≥ 80

A

4

2

74  - 79

AB

3,5

3

69 73

B

3

4

6468

BC

2,5

5

56 - 63

C

2

6

51 - 55

D

1

7

0 - 50

E

0

     5. Ujian Tengah Semester (Ujian dalam semester)
     6. Ujian Akhir Semester
     7. Penilaian Pencapaian Kompetensi (PPK)
     8. Ujian Ulang
     9. Semester Pendek
     10. Keberhasilan Akhir Program Pendidikan
          a. Predikat Kelulusan
               Dinyatakan dengan kualifikasi sebagai berikut :

Indeks Prestasi Kumulatif

D III atau IPK D IV

PREDIKAT

2,763,00

Memuaskan

3,01 - 3,50

Sangat Memuaskan

3,51 - 4,00

Dengan Pujian (Cumlaude)

Indeks Prestasi Kumulatif

Program Profesi dan Program Magister Terapan

PREDIKAT

3,003,50

Memuaskan

3,51 - 3,75

Sangat Memuaskan

>3,75

Dengan Pujian (Cumlaude)

B. Gugur Studi, Putus Studi, dan Pengunduran Diri
Gugur studi (passing out) adalah pemberhentian kegiatan akademik mahasiswa yang dikeluarkan oleh Direktur, karena tidak memenuhi persyaratan akademik sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan atau melanggar norma dan etika.
Putus studi (drop out) adalah pemberhentian kegiatan akademik mahasiswa yang dikeluarkan oleh Direktur, karena tidak memenuhi kualifikasi akademik untuk menyelesaikan studi. Putus studi diberlakukan pada mahasiswa yang memiliki IP <2,00 selama dua semester berturut-turut, yang sebelumnya telah dilakukan pembinaan oleh dosen pembimbing akademik, peringatan lisan, peringatan tertulis oleh Ketua Program Studi dengan persetujuan Ketua Jurusan.
Pengunduran diri adalah pemberhentian kegiatan akademik yang dikeluarkan oleh Direktur atas permintaan mahasiswa.

C. Standar Kelulusan (Teori, Praktikum, Klinik/Lapangan/Komunitas)
     1. Standar Kelulusan Teori
          Standar kelulusan mata kuliah teori menggunakan sistem penilaian standar
          mutlak (PAP) dengan batas lulus ≥ 2.00 (nilai absolut ≥ 56).
     2. Standar Kelulusan Praktikum
          Standar kelulusan mata kuliah praktikum/workshop menggunakan sistem
          penilaian standar mutlak (PAP) dengan batas lulus ≥ 2.5, (nilai absolut ≥ 68).
     3. Standar Kelulusan Klinik/Lapangan/Komunitas
          Standar kelulusan mata kuliah klinik/lapangan/komunitas menggunakan sistem
          penilaian standar mutlak (PAP) dengan batas lulus ≥ 2.5, (nilai absolut ≥ 68).

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn