Print

PPSM Mahasiswa 2018

Written by poltekkes kemenkes semarang Published on . Posted in Berita

Mengawali proses kegiatan belajar mengajar bagi mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Semarang, pada tanggal 25 Juli 2018 dilaksanakan Pengenalan Program Studi Mahasiswa (PPSM) yang diikuti 3083 mahasiswa baru. PPSM merupakan kegiatan awal dari serangkaian kegiatan pembinaan bagi mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang. Kegiatan ini bersifat wajib, dan apabila mahasiswa baru berhalangan untuk mengikuti PPSM, wajib mengikutinya di tahun yang akan datang.

PPS1

Peserta kegiatan PPSM ini adalah mahasiswa baru hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru (sipenmaru) tahun 2018 dari semua jalur seleksi : jalur Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP), jalur Umum dan jalur Mandiri untuk program Diploma III, Diploma IV, Profesi dan Pasca Sarjana. Proses sipenmaru berlangsung kurang lebih selama 8 (delapan) bulan, dimulai pada pertengahan bulan Januari dan berakhir pada pertengahan bulan Juli 2018 ini.
PPS 3PPS 4

Dari ketiga jalur seleksi tersebut jumlah keseluruhan pendaftar adalah sebanyak : 8644 peserta yang akhirnya terseleksi menjadi 3083 mahasiswa baru dengan perincian mahasiswa Diploma III dan Diploma IV Reguler :1995. brogram Diploma III Rekognisi Pendidikan Lampau (RPL) 313 Mahasiswa, Diploma IV Alih Jenjang (424), Profesi (249), dan Pasca Sarjana (102).
Kegiatan PPSM diharapkan menjadi entry point bagi mahasiswa baru untuk lebih mengenal, memahami dan mencintai Poltekkes Kemenkes Semarang, tidak saja lebih memahami akan program dan infrastruktur yang ada di dalamnya, namun juga lebih mengenal terhadap rekan-rekannya sesama mahasiswa dari program studi atau jurusan yang berbeda.
PPS 2PPS 5
PPSM didesain agar mahasiswa mulai belajar akan lingkup dunia profesinya, namun juga mulai dikenalkan terhadap profesi kesehatan lainnya agar supaya mahasiswa belajar lebih dini aspek-aspek Inter Profesional Education dan Collaboration yang akan mulai kita bangun sebagai bagian dari program pendidikan di Poltekkes Kemenkes Semarang.

PPSM direncanakan berlangsung selama 3 (tiga) hari, dengan rangkaian kegiatan Hari I adalah PPSM tingkat Poltekkes; yang akan diisi dengan berbagai kegiatan untuk lebih mengenalkan mahasiswa terhadap pimpinan, struktur organisasi, program, fasilitas sarana dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di tingkat Poltekkes. Hari II adalah PPSM di tingkat Jurusan/Program Studi; yang akan diisi dengan berbagai kegiatan untuk lebih mengenalkan mahasiswa terhadap pimpinan, struktur organisasi, program, profesi, fasilitas dan sarana di tingkat Jurusan/Program Studi. Hari III adalah PPSM dengan penekanan pada kegiatan soft skill untuk mempersiapkan mahasiswa baru memasuki perguruan tinggi;
PPS 6PPS 7
Program selanjutnya sebelum perkuliahan dimulai pada tanggal 6 Agustus 2018 kami serahkan kepada Jurusan dan Prodi masing-masing untuk mendesain dan merencanakan kegiatan yang positif dalam rangka pembinaan mahasiswa baru dan menghindari kegiatan yang bersifat kontraproduktif.
 


 

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn