Print

Seminar Nasional Prodi Terapis Gigi & Mulut Program Pasca Sarjana

Written by poltekkes kemenkes semarang Published on . Posted in Berita

Prodi Magister Terapan Kesehatan Terapis Gigi dan Mulut Program Pasca Sarjana Magister Terapan Kesehatan Poltekkes kemenkes semarang bekerja sama dengan Dewan Pengurus Daerah Persatuan Terapis Gigi Dan Mulut Indonesia pada hari Sabtu 24 Maret 2018 menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema Implementasi Tahap Asuhan Kesehatan Gigi Melalui Kemampuan Pengembangan Assessment Clinik Dan Critical Diagnosis Terapis Gigi dan Mulut di Hotel Noormas Semarang.
IMG-20180412-WA0009


Pemilihan tema tersebut didasarkan pada meningkatnya Prevalensi penduduk bermasalah kesehatan gigi dan mulut berdasarkan Riskesdas tahun 2013 sebesar 25,9%, dibanding tahun 2007 sebesar 23,2%. Dari hasil tersebut, hanya 31,3% masyarakat yang melakukan perawatan gigi dan mulut dan sisanya 68,9% tidak mendapatkan perawatan, sehingga angka kerusakan gigi sangat memprihatinkan bila dibandingkan dengan dengan indikator DMF-T 2,8. Permasalahan tersebut disebabkan karena perilaku masyarakat untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan kebersihan gigi tergolong rendah. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan upaya untuk merubah perilaku dan paradigma masyarakat tentang pentingnya menjaga dan memelihara kesehatan gigi dan mulut melalui upaya promotif dan preventif. Salah satu tenaga kesehatan yang bertanggungjawab dan merupakan garda terdepan untuk merubah perilaku masyarakat melalui upaya tersebut adalah Terapis Gigi dan Mulut
 IMG-20180412-WA0010
Adapun Nara sumber pada seminar tersebut adalah Prof. Dr. dr. Suharyo Hadisaputro, Sp.PD-KPTI : Pengkajian dan manisfestasi klinis penyakit dalam rongga mulut, Deru Marah Laut. S.Si.T, M.Kes : Asuhan kesehatan gigi dan mulut dan pengembangan diagnose kesehatan gigi dan Bambang Sutomo, S.SiT. M.Kes : Penatalaksanaan sistem odontogram tahap asuhan klinik dengan jumlah peserta sekitar 400 orang.


 

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn