Print

Sabdapala Ikuti Temu Wicara Dan Kenal Medan

Written by poltekkes kemenkes semarang Published on . Posted in Berita

Temu Wicara dan Kenal Medan adalah salah satu wujud dari keinginan mahasiswa pencinta alam untuk dapat menjembatani arus informasi antar organisasi mahasiswa pencinta alam. Tahun ini TWKM diselenggarakan di Jakarta di Universitas Bung Karno oleh Marhaen Pencinta Alam Universitas Bung Karno (MARPALA UBK) selaku tuan rumah Temu Wicara dan Kenal Medan Mahasiswa Pencinta Alam Tingkat Perguruan Tinggi Se-Indonesia Ke – 29. TWKM XXIX mengangkat tema tema “Aktualisasi Mahasiswa Pencinta Alam Terhadap Ancaman Bencana Ekologis”. Berbagai masalah dibahas dalam TWKM setiap tahunnya, mulai dari kurikulum pendidikan, lingkungan hidup, advokasi lingkungan dan permasalahan kerusakan lingkunganyang terjadi diseluruh Indonesia, serta dinamika kehidupan mahasiswa pencinta alam di seluruh Indonesia, sampai dengan bentuk dan penyelenggaraan TWKM itu sendiri.
Sabdapala aSabdapala b

Kegiatan ini telah diikuti oleh Anggota Aktif SABDAPALA sebanyak 2 mahasiswa sebagai peserta kegiatan pada tanggal 23 sampai dengan 28 Oktober 2017. Dua Mahasiswa tersebut adalah Ika Nurlaily Aisiyah dari Program Studi S1 Terapan Teknik Radiologi yang mengikuti kegiatan Temu wicara yang diselnggarakan di Graha Insan Cita, Depok, Jawa Barat, dan Khusnul Mauidhoh dari Program Studi Diploma IV Kebidanan Semarang yang mengikuti Kenal Medan Lingkungan Hidup yang diselnggarakan di Pulau Pari Kepulauan seribu.
Sabdapala cSabdapala d
Temu Wicara
Pada hari pertama dilakukan serangkaian acara registrasi dan pembukaan. Dilanjutkan pada hari kedua pembahasan mengenai tata tertib sidang, pra sidang. Hari ketiga pembahasan mengenai sidang pleno I yakni laporan pertanggungjawaban TWKM sebelumnya serta perangkat – perangkatnya. Di sela sidang pleno I dilakukan pemberian materi oleh WALHI (Wahana Lingkungan Hidup) mengenai kondisi Indonesia saat ini, dan pemnbahasan mengenai Konservasi. Hari ketiga membahas mengenai sidang Pleno II yakni pembahasan Komisi, dimana anggota memilih komisi B yang membahas mengenai isu lingkungan yang saat ini terjadi. Selain itu, di pertengahan sesi diselipkan materi yang disampaikan perwakilan Mentri ESDM mengenai Energi Terbarukan. Hari keempat dan kelima dilakukan pembahasan Sidang Pleno III mengenai TWKM selanjutnya dan pemaparan isu nasional yang telah disepakati. Dilanjut dengan Sidang Paripurna di hari jumat sekaligus mengakhiri acara tersebut.
Sabdapala eSabdapala f
Kenal Medan
Pada hari pertama dilakukan serangkaian acara regristrasi dan pembukaan, dilanjut pengenalan panitia dan peserta TWKM terutama yang ikut KM LINGKUNGAN HIDUP. Hari kedua seminar Bencana Ekologis, Ekosistem Pesisir, Amdal Kijang, Diskusi, dan Paparan Hasil Diskusi. Hari ketiga dilaksanakan pagi mengelilingi kampung dan mengenal Pulau pari, Workshop amdal Kijang, Identifikasi, Pemetaan Partisipatif, Praktik Pemetaan Partisipatif. Pada hari keempat dilaksanakan senam pagi dan dilanjut workshop Praktik Amdal Kijang, Pemaparan Hasil Praktik Amdal Kijang, kampanye kreatif. Di hari kelima dilaksanakan workshop pengelolaan sampah, praktek pengelolaan sampah dan penanaman mangrove

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn