Print

Seminar Kesehatan Kebidanan dan Temu Alumni

Written by poltekkes kemenkes semarang Published on . Posted in Berita

Seminar Nasional Kesehatan Kebidanan tahun 2017 yang telah dilaksanakan pada hari sabtu, 7 Oktober 2017 mengangkat tema “Pengembangan Penelitian Kebidanan Dalam Aspek Psikologi Untuk Menurunkan AKI dan AKB”. Berkaitan dengan tema tersebut telah menghadirkan 3 narasumber yaitu Dr.dr. Syarief Thaufik Hidayat MS.Med., Sp. OG (K), Dr. Margaretha Sih Setija Utami, M. Kes (ahli psikologi), dan wakil ketua II PD. IBI Jawa Tengah Dr. Runjati, M.Mid, sebagai pembicara utama yang menyampaikan materi sesuai dengan tema yang telah di usung.

Peserta Seminar Nasional adalah beberapa Mahasiswi Bidan dari Institusi Pendidikan Kesehatan dari beberapa Provinsi di Indonesia (Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan, NTT, NTB, Papua) umum, Dosen serta Staff Karyawan Kebidanan Poltekkes Semarang. Acara dimulai dengan Do’a bersama, menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Hymne dan Mars Poltekkes Semarang, dan sambutan dari Direktur Poltekkkes Semarang sekaligus pembukaan acara Seminar.
Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari masing-masing pembicara, pertama disampaikan oleh Dr. dr. Syarief Thaufik Hidayat MS.Med., Sp. OG (K), berhubungan dengan “Area Pengembangan Penelitian Kebidanan ” dilanjutkan oleh Dr. Margaretha Sih Setija Utami, M.Kes serta ( Penerapan Penelitian Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Kebidanan) dan Dr. Runjati M.Mid dengan materi :Penerapan Asuhan Kebidanan Holistic Sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan Ibu Dan Anak: Aspek Psikologi.
 Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, di akhiri dengan pembagian doorprize kepada peserta Seminar 2017 dan Temu Kangen Alumni Poltekkes Semarang Jurusan Kebidanan. Diharapkan dengan diadakannya Semnas tersebut mahasiswa ataupun Nakes yang bekerja dalam bidang kebidanan dapat mengembangkan penelitian kebidanan ini tidak hanya mementingkan aspek fisik saja tapi diharapkan mereka dapat memperhatikan berbagai aspek seperti Bio, Spiko, Sosial, Kultural dan Spiritual guna menurunkan Angka Kematian Ibu Bayi mengingat AKI dan AKB di Indonesia yang masih tergolong tinggi serta diharapkan mereka dapat melakukan atau mengembangkan penelitian Kebidanan yang belum pernah dilakukan sebelumnya “Ucap ketua jurusan kebidanan semarang, Dr. Runjati M.Mid”.

Materi Pemateri dapat di download di bawah ini :

Dr. Margaretha Sih Setija Utami, M.Kes
Syarief Thaufik Hidayat
Dr. Runjati M.Mid







Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn