Print

REKONSILIASI KEUANGAN DAN BMN

Written by poltekkes kemenkes semarang Published on . Posted in Berita

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang sebagai Satuan Kerja berkewajiban melaksanakan penatausahaan, pertanggungjawaban pelaporan Keuangan dan Barang Milik Negara, sehingga dapat memenuhi akuntabilitas yang dibutuhkan untuk perencanaan, evaluasi dan rumusan serta pengambilan keputusan dalam penyusunan anggaran, pengadaan barang, belanja barang persediaan maupun belanja modal. Untuk menyajikan laporan keuangan yang akurat perlu didukung dari laporan barang persediaan dan laporan SIMAK BMN. Sehingga perlu dilakukan kegiatan rekonsiliasi ini dengan tujuan untuk sinkronisasi dan persamaan persepsi antara pengelola BMN dan bendahara di tingkat Direktorat maupun Jurusan dan Prodi, selain itu diharapkan akan menghasilkan laporan keuangan SAP dan SIMAK BMN yang akuntabel sebagai wujud pertanggung jawaban pelaksanaan anggaran, guna tercapainya peningkatan kinerja dan pengelolaan keuangan untuk mempertahankan opini WTP.
BMN 1BMN 2

Pembukaan rekonsiliasi dilaksanakan di Aula Direktorat oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Poltekkes Kemenkes Semarang termasuk salah satu yang menerima penghargaan dalam Kinerja dan Realisasi Anggaran Program PPSDM Kesehatan Tahun 2016. Hal ini didukung dengan penyusunan laporan tertib dan realisasi anggaran dengan nilai serapan 98 %, selanjutnya perlu adanya peningkatan koordinasi antara keuangan dan BMN untuk membenahi pencatatan aset BMN dan belanja barang persediaan, karena ini menjadi fokus pemeriksaan pemeriksaan Irjend dan BPK.
BMN 3BMN 4
Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari (Senin – Sabtu / 12 – 14 Oktober 2017) yang diikuti oleh pengelola BMN dan Bendahara Jurusan dan Prodi serta staf keuangan dan staf umum Direktorat. Sebagai dukungan atas kebijakan perencanaan dan anggaran pada hari terakhir diundang seluruh Pimpinan dan Pengelola di lingkungan Poltekkes Kemenkes Semarang dengan menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI


Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn