Print

Poltekkes Semarang Berkurban 15 Ekor Sapi dan 11 Ekor Kambing

Written by poltekkes kemenkes semarang Published on . Posted in Berita

Memperingati Hari Raya Iedul Adha 1438 H, Poltekkes Semarang melaksanakan penyembelihan hewan kurban sejak hari Jum’at di Kampus Kampus V (Magelang) dengan menyembelih 1 ekor sapi, kampus VII (Baturaden) dengan hewan kurban 1 ekor sapi dan 7 ekor kambing dan Kampus VIII (Purwokerto) menyembelih 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Adapun di Kampus IV (Blora)  dan di Kampus VI (Pekalongan), penyembelihan hewan kurban dilakukan hari Minggu masing-masing berupa 1 ekor sapi.
Kurban 1Kurban 2

Adapun di Kampus Semarang, penyembelihan hewan kurban dilakukan pada hari Senin (4 Sept) di belakang gedung Program Pasca Sarjana. Ketua Panitia peringatan Iedul Adha 1438 H (Subinarto, SKom, MKom) melaporkan bahwa di Kampus I dan Kampus III dilakukan penyembelihan 10 ekor sapi dan 2 kambing. Enam ekor sapi berasal dari dosen dan karyawan (sohibul kurban), 2 ekor sapi dari iuran bersama mahasiswa, 1 ekor sapi dari iuran bersama dosen dan karyawan kampus I dan Kampus III dan 1 ekor sapi dari PT Bhineka Cipta Prima dan PT Duta Bangun Persada, kontraktor pembangunan gedung di kampus I.
Kurban 3Kurban 4
Lebih lanjut Ketua Panitia melaporkan bahwa total dana terkumpul adalah Rp 232.775.000 dengan rincian; dari Sohibul kurban Rp 141.200.000, Iuran bersama dosen dan karyawan sebanyak Rp 21.880.000 dan iuran dari mahasiswa sebanyak Rp 69.695.000. Ditambahkan pula bahwa tahun ini terjadi peningkatan dana sekitar 10 % dari tahun sebelumnya. Adapun distribusi daging kurban akan diberikan kepada karyawan golonngan I dan honorer, masyarakat lingkungan Kampus I dan kampus III, mahasiswa, daerah binaan masing-masing jurusan, panti asuhan dan lingkungan sekitar muqorrobin.
Kurban 5Kurban 6
Sementara itu, Direktur Poltekkes Semarang (H. Sugiyanto, SPd, M, App.Sc) mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen, karyawan dan mahasiswa yang telah berpartisipasi dalam kegiatan penyembelihan hewan kurban. Direktur menyampaikan bahwa sudah semestinya sebagai insan yang beriman untuk senantias mensyukuri nikmat dan karunia yang telah diberikan Alloh SWT dengan mengorbankan sedikit harta yang kita miliki. Beliau mencontohkan, apabila dibandingkan dengan pengorbanan para sahabat dan tabi’in di jaman dahulu, pengorbanan kita belum seberapa dari yang telah dikorbankan mereka. Oleh karenanya melakukan kurban adalah sebagai keharusan bagi yang telah menikmati berbagai nimat Alloh SWT.Lebih lanjut Direktur juga mengajarkan pada waktu prosesi penyembelihan hewan kurban hendaknya para muqorrobin mengucapkan do'a : Rodhi du Billahi Robba wa bi Islamadina wa bi Muhammadin nabiyya wo rosulika (Ya Alloh saya ridho Engkau sebagai Tuhanku, Isalam agamaku dan nabi Muhammad SAW rasulku)
Kurban 7Kurban 8


 

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn