Print

Poltekkes Semarang Luluskan 1802 Sarjana dan Ahli Madya Kesehatan

Written by poltekkes kemenkes semarang Published on . Posted in Berita

Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang pada Selasa-Kamis (29-31 Agustus 2017) menyelenggarakan wisuda ke 90, 91 dan 92 di Convention Hall Masjid Agung Jawa Tengah. Pembantu Direktur I bidang akademik (Dr. Drg. Supriyana, M.Pd) dalam laporan pendidikan menyampaikan bahwa wisuda periode September 2017 diikuti oleh 1802 wisudawan terbagi dalam tiga periode wisuda. Pada wisuda ke 90 diikuti oleh 641 wisudawan yang berasal dari Diploma III Keperawatan : Semarang, Magelang, Purwokerto, Pekalongan dan Blora,Diploma IV Keperawatan Magelang dan Semarang, Diploma III dan Diploma IV Keperawatan Gigi.
Wisuda 1wisuda 2

Sedangkan wisuda 91 diikuti 578 wisudawan dari Prodi D III Teknik Radiodiagnostik (TRR) Semarang dan Purwokerto, D IV TRR: Kelas Reguler, Alih Jenjang Kelas kerja Sama PARI Janteng, Alih Jenjang Kelas Kerja sama PARI Jatim, Prodi D III Gizi, Prodi D IV Gizi ; kelas reguler dan kelas Alih Jenjang, D III & D IV Kesehatan Lingkungan dan D III Analis Kesehatan.Adapun Wisuda ke 92 diikuti oleh 582 Sarjana Terapan Kebidanan dan Ahli Madya Kesehatan. Lulusan berasal dari Prodi D III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK), D III Kebidanan : Semarang, Blora dan Purwokerto, Diploma IV Kebidanan : Kelas reguler Semarang dan Magelang, Kelas Alih Jenjang alumni (fresh graduate) Semarang dan Magelang, Kelas Alih jenjang Kelas Kerja Sama IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Kabupaten Semarang, Kelas Kerja Sama IBI  Pekalongan,  Kelas Alih jenjang Kerja Sama IBI Kabupaten Purworejo.
Wisuda 3Wisuda 4
Lebih lanjut Dr. Drg Supriyana menyampaikan bahwa semua lulusan Diploma III dari Jurusan Keperawatan dan Kebidanan telah mengikuti uji kompetensi (UKOM) nasional dengan tingkat kelulusan 98 %. Ditambahkan oleh beliau bahwa semua Program Studi Diploma III dan Diploma IV serta Institusi Poltekkes Kemenkes Semarang telah terakreditasi secara eksternal dari LAM PTKes dan BAN PT. Adapun untuk program pasca sarjana diharapkan pada bulan November sudah dapat di visitasi oleg asessor BAN PT. Poltekkes Kemenkes juga telah melakukan penjaminan mutu berbasis ISO 9001: 2010 yang diselaraskan dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Perguruan Tinggi sejak tahun 2007.
Wisuda 5Wisuda 7
Sementara itu, Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang (Sugiyanto, SPd, M.App.Sc) dalam sambutanya menyampaikan bahwa Poltekkes Semarang sedang menyiapkan pembukaan Prodi baru langka yang sangat dibutuhkan dalam bidang kesehatan khususnya keperawatan paliatif. Disampaikan pula bahwa Saat ini telah diajukan Naskah akademik pembukaan Prodi S2 Terapan Kesehatan lingkungan, Teknolgi Bank Darah, Administrasi Rumah Sakit, Diploma IV Teknologi Medik, D 4 Rekam Medis dan Profesi Dietarian. Disamping itu, Direktur POltekkes Semarang menyampaikan bahwa pada tanggal 10 Agustus 2017 Poltekkes Semarang telah menerima penghargaan dari Kemenristek Dikti dalam penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), komitmen bersama anti korupsi pada Dies Natalis XVI dengan meraih rekor muri untuk peserta terbanyak serta disampaikan prestasi-prestasi dosen dan mahasiswa dalam berbagai event tingkat nasional. Direktur juga menambahkan bahwa sejak tahun 2016 Poltekkes Semarang telah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara menyelenggrakan program affirmasi penguatan SDM Daerah Terpencil Perbatasan dan Kepulauan. Untuk tahun 2017 terdapat 34 mahasiswa asal Kayong Utara.
Disampaikan pula agar lulusan ikut mendukung dan berpartisipasi dalam program Nusantara Sehat yaitu program penempatan tenaga kesehatan untuk daerah tertinggal dan Terdepan. Dilaporkan bahwa pada angkatan I dan II terdapat 52 alumni (20 perawat, 14 bidan, 5 gizi, 5 kesling dan 4 analis kesehatan) yang sudah lulus seleksi. Sedangkan pada angkatan III sudah lulus 100 alumni Poltekkes Semarang dalam seleksi ( 50 perawatm 30 bidan, 10 gizi, 9 kesehatan lingkungan dan 11 analis kesehatan.

Wisuda 6Wisuda 8

Pada wisuda ke 91, Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) Kementrian Kesehatan RI (drg. Usman Sumantri, MSc) berkesempatan hadir untuk melantik wisudawan sekaligus mengambil sumpah wisudawan. Selain itu, hadir pula Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (dr. Yulianto Prabowo, M.Kes).
Pada wisuda ke 92, terdapat satu wisudawati dengan Indeks Prestasi Komulatif dfengan predikat Suma Cumlaude (4,00) Yaitu Rizky Rahayu
Pradani dari Diploma IV Kebidanan Semarang Kelas Kerja Sama IBI Kota Pekalongan.

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn