• slide-gedung-poltekes-semarang
  • slide WBK-WBBM
  • slide analis laboratorium
  • slide labkomp perpustakaan
  • Gedung dan Asrama Politeknik Kesehatan / Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Poltekkes Semarang menuju Wilayah Bebas dari Korupsi & Wilayah Birokrasi Bersih Melayani
  • Analis dan Laboratorium
  • Laboratorium Komputer

PENGUMUMAN

BERITA

Print

Hima-Dema Keperawatan Semarang Menanam 5000 Pohon Mangrove

Written by poltekkes kemenkes semarang Published on . Posted in Berita

Himpunan Mahasiswa (HIMA) dan Dewan Mahasiswa (DEMA) Keperawatan Semarang pada tanggal 22 Oktober 2016 mengadakan penanaman 5000 pohon mangrove di daerah Banjir Kanal kota Semarang Barat. Kegiatan ini didasari pada pemikiran bahwa penghijauan tidak hanya lingkungan di daerah daratan saja, namun lingkungan di wilayah pesisir pantai pun harus tetap memperoleh pelestarian yang berkelanjutan. Kota Semarang salah satu kota metropolitan yang memiliki wilayah pesisir bagian utara dengan garis pantai sepanjang kurang lebih 13 km dan sangat jelas terkena dampak kenaikan air laut tersebut. Hal lain yang mempengaruhi yaitu turunnya muka tanah daerah semarang mencapai 2-20 cm/tahun akibat peristiwa pemampatan dan pengambilan air dibawah tanah yang berlebihan.



Peristiwa kenaikan muka laut dan penurunan muka tanah inilah yang sering menyebabkan daerah di kawasan pesisir dilanda banjir rob yang kedalamannya mencapai 20-60 cm dengan luas genangan air diperkirakan mencapai 32,6 km2. Kenaikan muka laut ini menjadi masalah yang sulit dipecahkan. Sampai sekarang angka kenaikan muka laut di Semarang masih belum jelas karena menuai penilitian yang berbeda dari beberapa pihak. Menurut tim peneliti ITB (2002) kenaikan muka air laut di Semarang mencapai 9,27 mm/tahun.


Salah satu cara untuk meninimalisir adanya bajir rob adalah dengan pelaksanaan kegiatan penghijauan (reboisasi) diwilayah pesisir pantai secara terencana didaerah Banjir Kanal kota Semarang Barat dengan melakukan penanaman pohon mangrove. Sebagai lembaga pendidikan yang berbasis masyarakat dan sebagai generasi muda terdidik dan sekaligus merupakan ujung tombak pembangunan bangsa yang peduli lingkungan, maka prodi Keperawatan Semarang Politeknik Kesehatan Semarang juga ikut berkewajiban untuk melindungi bumi dari kerusakan sebagai efek negatif globalisasi. Kegiatan penghijauan lingkungan dapat dijadikan sebagai wadah pengembangkan daya pikir, serta keterampilan agar mampu mengantisipasi situasi, kondisi, dan fenomena yang terjadi di era globalisasi.

Kegiaan peduli lingkungan Hima-Dema keperawatan Semarang merupakan salah satu bentuk kegiatan programmagang organisasi mahasiswa baru. Kegiatan ini diprakarsai dan digerakkan oleh mahasiswa baruyang memiliki potensi dalam kegiatan keorganisasian. Melalui program magang organisasi diharapkan akan didaptkan generasi-genarasi baru yang berbakat dalam berorganisasi serta memiliki jiwa leadership

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn