• slide WBK-WBBM
  • slide-gedung-poltekes-semarang
  • slide analis laboratorium
  • slide labkomp perpustakaan
  • Poltekkes Semarang menuju Wilayah Bebas dari Korupsi & Wilayah Birokrasi Bersih Melayani
  • Gedung dan Asrama Politeknik Kesehatan / Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Analis dan Laboratorium
  • Laboratorium Komputer

PENGUMUMAN

Penerimaan Mahasiswa Baru Prodi Profesi Bidan

Pada tahun 2016, Poltekkes Kemenkes Semarang diberikan ijin untuk menyelenggarakan Program Studi Profesi Bidan, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 451/KPT/I/2016, tanggal 1 Nopember 2016, tentang Pembukaan Program Studi Bidan Program Profesi pada Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang di Kota Semarang. 
Menindaklanjuti diterbitkannya ijin penyelanggraan Profesi Bidan, pada tahun 2017 ini akan dilaksanakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Prodi Profesi Bidan. Untuk selanjutnya silahkan klik link Panduan Sipenmaru Profesi Bidan di bawah ini :

Panduan Sipenmaru Profesi Bidan

BERITA

Print

Keren! Hadapi MEA Poltekkes Semarang Fasilitasi Mahasiswa Praktik di Luar Negeri

Written by poltekkes kemenkes semarang Published on . Posted in Berita

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- 92 calon mahasiswa magister terapan kesehatan sekuruh Indonesia mengikuti uji tes tertulis di gedung Pasca Sarjana Politeknik Kesehatan Kemenkes (Poltekkes) Semarang, Jalan Tirto Agung, Banyumanik Semarang, Selasa (12/4/2016). Peserta berasal dari Ambon, Sulawesi, Kalimantan dan Sumatra tersebut akan saling beradu untuk mendapatkan 30 kursi di masing-masing program studi. "Mereka datang dari berbagai penjuru di Indonesia karena kami menjadi yang pertama dipasrahi Kemenristek dikti untuk menyelenggarakan Program Magister Terapan Kesehatan," jelas Ketua Program Pasca Sarjana, Prof Dr dr Suharyo Hadisaputro, Sp Pd.

Ia menjelaskan dari 92 peserta tersebut, jumlah terbanyak adalah prodi S2 Kebidanan yakni 75 peserta, Keperawatan 13 orang, Terpais Gigi dan Mulut, Imaging Diagnostik masing-masing dua orang. Prof Haryo menjelaskan program tersebut diselenggarakan dalam 36 SKS yang meliputi pembelajaran teori, praktik, klinik dan residensi. Karena berbentuk vokasi, maka materi perkuliahannya akan dibagi dalam 40 persen teori dan 60 persen praktik.

"Menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini, setiap mahasiswa akan menjalani praktik atau residensi di instansi luar negeri, kami sudah bekerja sama dengan berbagai klinik di dan universitas di Thailand, Filipina, hingga SIngapura, jadi nantinya mahasiswa akan menjalani praktik selama tiga bulan di salah satu daerah tersebut," terang Prof Haryo lebih lanjut. Ia menyadari, persaingan tenaga kesehatan di era MEA ini memang tidak hanya dari dalam negeri saja, namun juga dengan berbagai profesi sejenis se-Asia Tenggara. Menurut Prof Haryo dengan praktik di luar negeri setidaknya mahasiswanya bisa membandingkan persaingan di pasar bebas MEA dan siap bertarung di sana.

"Bulan-bulan ini sudah banyak tenaga asing yang hadir di Semarang, dengan program ini, semoga nantinya tidak hanya lulusan asing yang mengekspansi Indonesia, namun juga lulusan kita mengekspansi dunia luar," pungkasnya. Pendaftaran program Magister Terapan Kesehatan dibuka dua gelombang, pertama sudah ditutup dan sedang proses seleksi masuk. Gelombang kedua akan dibuka mulai 19 April hingga 13 Juni mendatang.

Keterangan Gambar : Ketua Program Pasca Sarjana, Prof Dr dr Suharyo Hadisaputro, Sp Pd, (berbaju biru) menandatangani serah terima soal seleksi masuk Program Magister Terapan Kesehatan sebelum peserta mengerjakan soal di gedung Pasca Sarjana Poltekkes Kemenkes, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Selasa (12/4/2016). (*)

Sumber : http://jateng.tribunnews.com/2016/04/12/keren-hadapi-mea-poltekkes-semarang-fasilitasi-mahasiswa-praktik-di-luar-negeri

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn